Jumat, 31 Juli 2020

Belajar Cara Membuat Halaman Login Mengunakan PHP

PHP? Apakah Pengertian dari PHP? PHP merupakan bahasa pemrograman yang dapat digunakan untuk membuat skrip yang lebih interaktif. Skrip ini kemudian akan diolah dalam web server yang hasilnya dapat dilihat dalam bentuk HTML. 

PHP memungkinkan untuk membuat situs yang lebih interaktif dan lebih mudah untuk dioperasikan. MySQL merupakan bahasa pemrograman database terbuka. Yang mana memungkinkan untuk bisa membuat, merubah, dan mengakses beberapa database sekaligus dalam server. Kombinasi keduanya biasanya digunakan untuk membuat berbagai macam Website.
 
Secara singkat nya PHP adalah server side language artinya kode PHP akan dieksekusi di server dulu baru kemudian hasilnya akan ditampilkan di layar client.

Sebelum kita lanjut mengenai PHP, sebaiknya sobat sudah belajar mengenai dasar-dasar html,css , dan mysql ya sob biar belajar PHP nya jadi lebih mudah. Untuk tipe file / ekstensi nya adalah .php contoh latihan1.php

Apa saja alat tempur yang akan kita gunakan untuk Membuat Halaman Login ini?

  • Xampp (Jika windows), Mampp (untuk macintosh)
  • Text editor ( Terserah saja apa, notepad biasa juga bisa kok tapi kalo pusing jangan salahin saya ya :v ) kalo saya menggunakan dreamweaver (yg free) 
  • Web browser (bisa Chrome, Mozilla, dll)

Latihan pertama

Kita akan membuat halaman login sederhana dengan mengunakan php. Untuk memulai koding php harus diawali dengan <?php dan diakhiri ?> , dan untuk pernyataan php diakhiri dengan ; 

Contoh: 

Membuat login.php




Membuat juga proses.php


Lalu save di dalam folder xampp -> htdocs -> buat folder baru dengan nama login-> masuk ke folder login. Lalu save 2(login.php & proses.php) file tadi disitu.
 
Setelah itu buka file tadi di http://localhost/login/login.php jika sudah benar hasil nya seperti dibawah ini halaman login.
Setelah, itu anda bisa login dengan memasukan Username= admin dan password= admin.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Facebook Like

Blogroll

About