Jumat, 31 Juli 2020

Cara Belajar Bahasa Pemrograman PHP Untuk Pemula

Seperti yang kalian ketahui bahasa pemrograman php itu begitu populer yang digunakan develover untuk mengembangkan websitenya. Kemudahan yang disediakan bahasa pemrograman php memang mempunyai daya Tarik tersendiri oleh programmer itu sendiri.


Dengan bahasa pemrograman php kalian bisa mengembangkan website kalian secara dinamis. Selain itu bahasa php juga sangat mendukung bahasa pemrograman lainnya seperti MySQL yang berguna untuk mengengkan database kalian.

Bagi para pemula yang sangat ingin belajar bahasa pemrograman php anda bisa mengikuti langkah -langkah sebagai berikut.

Web Development Introduction — Belajar Dasar PHP | by Hanas Bp ...


1. Memahami HTML terlebih dahulu

Pahami lah dulu pemrograman html karena pemrograman php bisa disisipkan pada html. Html berguna sebagai bagian rangka atau tampilan website kalian secara statis sedangkan php berguna supaya website kita bisa dinamis.

2. Pelajari koding dasar php

Sesudah mempelajari dan memahami konsep pada html kemudian kalian bisa meneruskan ke langkah yang berikutnya seperti mengetahui kode dasar pada php penggunaan percabangan if else dan juga perulanan for , while, dan foreach. Banyak referensi yang kalian dapat pelajari di website internet seperti w3schools dll.

3. Praktekan pemprograman tersebut

Setelah mempelajari HTML dan kode dasar dari PHP kalian dapat memperaktekan kode tersebut menggunakan text editor yang cocok untuk kalian. Untuk para pemula seperti anda, anda dapat menggunakan text editor notepad bawaan dari komputer anda ataupun anda dapat menggunakan text editor lainnya seperti notepat++, sublime text, adobedreamwever , atom text editor dll. Pelajari setiap kode yang anda praktekan tersebut.

4. Baca dan pelajari dokumentasi

Sesudah mempraktekan pemrograman php kalian bisa mempelajari bahasa pemrograman php lebih lanjut dengan membaca dokomentasi tersebut di situs resmi php tersebut. Anda dapat mempelajari form form dasar yang disediakan php.

5. Pelajari koneksi database

Setelah mempelajari php dasar anda bisa mempelajari koneksi database disitus situs internet yang menyediakan tutorial php seperti di w3school.

6. Pelajari database

Pelajari tentang pengunaan fitur pada database yaitu seperti menambah data, menghapus data, mengedit data dll. Anda bisa mempelajari database seperti MySQL ataupun MariaDB. Seiring dengan perkembangan jaman kalian juga bisa menggunakan framework yang lebih mudah digunakan seperti framework laravel yang bisa anda pelajari di website idcloudhost secara lengkap.

1 komentar:

Facebook Like

Blogroll

About